24 Januari 2017
Breaking News

Tugas Pokok Dan Fungsi

          URAIAN TUGAS MENURUT PERWAL 23 TAHUN 2011
TENTANG TUGAS POKOK, FUNGSI DAN TATA KERJA
BADAN PELAYANAN PERIJINAN TERPADU

A. Badan

  1. Badan  Pelayanan Perijinan Terpadu   mempunyai tugas pokok merencanakan, melaksanakan, mengarahkan, mengawasi dan mengendalikan kegiatan dibidang Pelayanan Perijinan Terpadu sesuai kebijakan Pemerintah Daerah ;
  2. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Badan  Pelayanan Perijinan Terpadu   mempunyai  fungsi :
    1. Perencanaan dan perumusan bahan kebijakan program kerja Badan Pelayanan Perijinan Terpadu ;
    2. Pelaksanaan persiapan fasilitasi program kerja Badan Pelayanan Perijinan Terpadu;
    3. Pelaksanaan kegiatan Badan Pelayanan Perijinan Terpadu;
    4. Pembinaan pelaksanaan pengelolaan Pelayanan Perijinan Terpadu ;
    5. Pengembangan sitem informasi Pelayanan Perijinan Terpadu ;
    6. Pelaksanaan pengawasan dan pengendalian  kebijakan program kerja Badan Pelayanan Perijinan Terpadu  ;
    7. Pelaksanaan koordinasi dengan instansi/lembaga lainnya terkait dengan kegiatan Pelayanan Perijinan Terpadu;
    8. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi serta pelaporan kegiatan Badan Pelayanan Perijinan Terpadu;
  1. Badan  dipimpin oleh Kepala Badan  yang dalam melaksanakan tugasnya bertanggung jawab  kepada Walikota melalui Sekretaris Daerah.
  2. Dalam melaksanakan tugas dan fungsi Badan  sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2), Kepala Badan  bertugas membina, memimpin, memfasilitasi, menyelenggarakan, mengawasi, mengevaluasi dan mengendalikan tugas dan fungsi Badan  serta mengkoordinasikan kegiatan Staf, Pelaksana dan Kelompok Jabatan Fungsional.

B. Sekretariat

  1. Sekretariat Badan  mempunyai tugas merencanakan, melaksanakan membina dan mengkoordinasikan serta melakukan pengendalian pada urusan umum, keuangan serta program, evaluasi dan pelaporan.
  2. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Sekretariat mempunyai fungsi:
    1. Perencanaan dan pengelolaan bahan perumusan kebijakan yang berkaitan dengan umum dan keuangan serta monitoring dan evaluasi;
    2. Pelaksanaan pemberian fasilitas dan dukungan pelayanan teknis administrasi dilingkungan Badan ;
    3. Pelaksanaan penyusunan program kegiatan bidang, umum keuangan serta monitoring dan evaluasi Badan ;
    4. Pelaksanaan pengelolaan tata naskah Badan , surat menyurat, kearsipan, perlengkapan, rumah tangga dan pemeliharaan sarana dan prasarana Badan ;
    5. Pelaksanaan tertib administrasi pengelolaan inventarisasi barang, pemeliharaan sarana dan prasarana, perlengkapan dan aset Badan ;
    6. Pelaksanaan pengelolaan administrasi dan penatausahaan keuangan;
    7. Pelaksanaan dan pembinaan organisasi dan tatalaksana  di lingkup Badan ;
    8. Pelaksanaan koordinasi  dengan instansi/lembaga lainnya terkait kegiatan Badan ;
    9. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi serta pelaporan kegiatan Badan ;
    10. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan atasan sesuai bidang   tugasnya;
  3. Sekretariat dipimpin oleh seorang Sekretaris yang dalam melaksanakan tugas dan fungsinya bertanggungjawab kepada Kepala Badan .

C. Kasubbag Umum

  1. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas merencanakan, melaksanakan pembinaan dan mengkoordinasikan serta pengawasan dan pengendalian surat menyurat, kearsipan, urusan rumah tangga perlengkapan, pengelolaan administrasi dan kepegawaian.
  2. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Sub Bagian Umum dan kepegawaian  mempunyai fungsi :
    1. Perencanaan persiapan bahan pelaksanaan kegiatan tata usaha, aset, perlengkapan dilingkungan Badan ;
    2. Pelaksanaan pengelolaan kegiatan surat menyurat yang meliputi pengetikan, penggandaan, pengiriman dan pengarsipan;
    3. Pelaksanaan pengurusan administrasi perjalanan Badan ;
    4. Pelaksanaan inventarisasi, penyediaan, pendistribusian dan pemeliharaan barang-barang inventaris kantor;
    5. Pelaksanaan konsultasi, penyiapan bahan pedoman dan analisis formasi terkait sub bagian umum dan kepegawaian;
    6. Pelaksanan   tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan bidang   tugasnya;

D. Kasubbag Keuangan

  1. Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas merencanakan, melaksanakan, pembinaan dan koordinasi  serta pengawasan dan pengendalian penyusunan rencana anggaran dan belanja Badan ,
  2. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Sub Bagian Keuangan mempunyai fungsi:
    1. Perencanaan kegiatan pengelolaan administrasi keuangan meliputi penyusunan anggaran, pencairan, pembukuan dan pelaporan pertanggungjawaban anggaran;
    2. Pelaksanaan pengelolaan administrasi keuangan meliputi penyusunan, anggaran, pencairan, pembukuan dan pelaporan pertanggungjawaban anggaran;
    3. Pelaksanaan usulan perbaikan  dan perubahan anggaran kegiatan Badan;
    4. Pelaksanaan penyusunan laporan neraca keuangan;
    5. Pelaksanaan koordinasi  dengan instansi/lembaga lain terkait dengan kegiatan sub bagian  keuangan;
    6. Pelaksanaan moniotoring dan evaluasi serta pelaporan kegiatan sub bagian keuangan;
    7. Pelaksanaan pembukuan, perhitungan anggaran dan verifikasi serta pengurusan keuangan Badan.
    8. Pelaksanaan   tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan bidang   tugasnya.

E. Kasubbag Program, Evaluasi dan Pelaporan

  1. Sub Bagian Program, Evaluasi dan Pelaporan mempunyai tugas merencanakan, melaksanakan pembinaan dan koordinasi  serta pengawasan dan pengendalian program, evaluasi dan pelaporan.
  2. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Sub Bagian Program, Monitoring dan Evaluasi mempunyai fungsi :
    1. Perencanaan kegiatan pengumpulan data bahan perumusan kebijakan Badan;
    2. Pelaksanaan pengumpulan, pengolahan, penganalisisan data Badan;
    3. Pelaksanaan penyusunan pedoman dan program kerja Badan;
    4. Pelaksanaan penyusunan dokumen perencanaan Badan;
    5. Pelaksanaan konsultasi dengan instansi/lembaga lainnya terkait Program, monitoring dan evaluasi Badan;
    6. Pelaksanaan program, monitoring dan evaluasi serta pelaporan kegiatan Badan;
    7. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan bidang  tugasnya;

F. Bidang Data Informasi dan Regulasi

  1. Bidang Data Informasi dan Regulasi mempunyai Tugas Pokok pengelolaan data, dokumentasi dan sistem informasi perijinan, serta menyusun persiapan regulasi.
  2. Untuk melaksanakan Tugas Pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Bidang Data informasi dan regulasi mempunyai fungsi:
    1. menyelenggarakan pengumpulan data, informasi, peraturan perundang-undangan dan kebijaksanaan teknis yang berkaitan dengan data, dokumentasi dan sistem informasi perijinan.
    2. menyelenggarakan upaya pemecahan masalah yang berkaitan dengan data, dokumentasi dan sistem informasi perijinan;
    3. menyelenggarakan perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, evaluasi, pelaporan kegiatan dan anggaran bidang data, informasi, dokumentasi dan regulasi;
    4. menyelenggarakan pengelolaan data;
    5. menyelenggarakan koordinasi pengembangan sistem informasi dan manajemen perijinan;
    6. menyelenggarakan pembangunan dan pengembangan sistem informasi manajemen perijinan;
  3. merencanakan prosedur, mekanisme, persyaratan sebagai dasar pelaksanaan untuk meningkatkan pelayanan perijinan;
  4. mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan;
  5. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

G. Seksi Pengembangan TIK dan Pelaporan

  1. Seksi Pengembangan TIK dan Sistem Pelayanan mempunyai Tugas Pokok membangun, mengembangkan Sistem Informasi Manajemen dan penyusunan data  untuk meningkatkan pelayanan perijinan;
  2. Untuk melaksanakan Tugas Pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Seksi Pengembangan TIK dan Sistem Pelayanan mempunyai fungsi:
    1. mengumpulkan, mengolah data dan informasi, menginventarisasi permasalahan serta melaksanakan pemecahan permasalahan yang berhubungan dengan pengembangan TIK dan sistem pelayanan;
    2. melaksanakan pembangunan dan pengembangan sistem informasi manajemen pelayanan perijinan terpadu;
    3. melaksanakan pengawasan atas berjalannya program aplikasi pelayanan terpadu;
    4. melaksanakan evaluasi secara periodik terhadap Sistem Informasi Manajemen pelayanan perijinan terpadu ;
    5. melaksanakan, mengelola dan memproses komputerisasi sistem kearsipan;
    6. melaksanakan penyusunan database perijinan dan  pemeliharaan database perijinan;
    7. mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan;
    8. melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan;

H. Seksi Regulasi dan Dokumentasi

  1. Seksi Regulasi dan Dokumentasi mempunyai Tugas Pokok menyiapkan prosedur, mekanisme dan regulasi  untuk meningkatkan pelayanan perijinan;
  2. Untuk melaksanakan Tugas Pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Seksi Regulasi dan Dokumentasi  mempunyai fungsi:
    1. menyiapkan rencana kegiatan Seksi  Regulasi dan Dokumentasi;
    2. menyusun laporan hasil kegiatan seksi sebagai bahan penyusunan laporan pertanggung jawaban kinerja bidang;
    3. menyusun regulasi, prosedur, mekanisme terkait dengan perijinan;
    4. mengkaji dan menganalisa berbagai permasalahan yang berkaitan dengan pengembangan pelayanan perijinan;
    5. mengadakan sosialisasi pelayanan perijinan kepada masyarakat;
    6. mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan;
    7. melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan

I. Bidang Pelayanan Pembangunan dan Lingkungan

  1. Bidang Pelayanan Perijinan Pembangunan mempunyai Tugas Pokok memberikan pelayanan dan pengelolaan perijinan Bidang Pembangunan;
  2. Untuk melaksanakan Tugas Pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Bidang Pelayanan Perijinan Pembangunan  mempunyai fungsi:
    1. menyiapkan rencana kegiatan Bidang Pelayanan Perijinan Pembangunan;
    2. menyusun laporan pelaksanaan kegiatan bidang berdasarkan laporan hasil kegiatan masing-masing seksi di lingkungan Bidang Pelayanan Perijinan Pembangunan;
    3. menyelenggarakan perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, evaluasi, pelaporan kegiatan dan anggaran bidang perijinan pembangunan;
    4. melaksanakan verifikasi administrasi dan teknis serta penetapan pelayanan perijinan pembangunan;
    5. menyiapkan konsep surat keputusan perijinan;
    6. memproses surat pemberian, penolakan, pembatalan dan pencabutan ijin;
    7. melaksanakan koordinasi penyelenggaraan pelayanan dan pemrosesan perijinan;
    8. mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kinerja bawahan;
    9. melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

J. Seksi Pelayanan Bidang Pembangunan dan Lingkungan

  1. Seksi Pelayanan Perijinan Bidang Pembangunan mempunyai tugas pokok memberikan pelayanan dan penelitian berkas pengajuan perijinan Bidang Pembangunan
  2. Untuk melaksanankan Tugas Pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Seksi Pelayanan Perijinan Bidang Pembangunan mempunyai fungsi:
    1. menyiapkan rencana kegiatan Seksi  Pelayanan Perijinan Bidang Pembangunan;
    2. menyusun laporan hasil kegiatan Seksi sebagai bahan penyusunan laporan pertanggung jawaban kinerja Bidang Pelayanan Perijinan Bidang Pembangunan;
    3. melaksanakan pelayanan Perijinan Bidang Pembangunan
    4. melaksanakan pengelolaan pelayanan Perijinan Bidang Pembangunan;
    5. menyusundaftar NPWRD PerijinanBidang Pembangunan;
    6. mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan;
    7. melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan;

K. Seksi Verifikasi dan Penetapan Bidang Pembangunan dan Lingkungan

  1. Seksi Verifikasi dan Penetapan Perijinan Bidang Pembangunan mempunyai Tugas Pokok melaksanakan verifikasi berkas pengajuan perijinan dan menetapkan retribusi daerah pelayanan perijinan;
  2. Untuk melaksanankan Tugas Pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Seksi Verifikasi dan Penetapan Perijinan Bidang Pembangunan mempunyai fungsi:
    1. menyiapkan rencana kegiatan Seksi Verifikasi dan Penetapan Perijinan Bidang Pembangunan;
    2. menyusun laporan hasil kegiatan Seksi sebagai bahan penyusunan laporan pertanggung jawaban kinerja Bidang Pembangunan;
    3. melaksanakan verifikasi kelengkapan teknis dan administrasi pengajuan perijinan Bidang Pembangunan;
    4. menetapkan SKRD dan menyusun draft Surat Keputusan Perijinan Bidang Pembangunan;
    5. mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan;
    6. melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

L. Bidang Ekonomi Dan Kesejahteraan Rakyat

  1. Bidang Pelayanan Perijinan Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat mempunyai Tugas Pokok memberikan pelayanan dan pengelolaan perijinan bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat.
  2. Untuk melaksanakan Tugas Pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Bidang Pelayan Perijinan Ekonomi dan Kesejahteraan rakyat mempunyai fungsi:
    menyiapkan rencana kegiatan Bidang Pelayanan Perijinan Ekonomi dan Kesejahteraan rakyat;
    1. menyusun laporan pelaksanaan kegiatan bidang berdasarkan laporan hasil kegiatan masing-masing seksi di lingkungan Bidang Pelayanan Perijinan Ekonomi dan Kesejahteraan rakyat;
    2. menyelenggarakan perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, evaluasi, pelaporan kegiatan dan anggaran bidang perijinan Ekonomi dan Kesejahteraan rakyat;
    3. melaksanakan verifikasi administrasi dan teknis serta penetapan pelayanan perijinan Ekonomi dan Kesejahteraan rakyat;
    4. menyiapkan konsep surat keputusan perijinan;
    5. memproses surat pemberian, penolakan, pembatalan dan pencabutan ijin;
    6. melaksanakan koordinasi penyelenggaraan pelayanan dan pemrosesan perijinan;
    7. mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kinerja bawahan;
    8. melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

M. Seksi Pelayanan Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat

  1. Seksi Pelayanan Perijinan Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat mempunyai Tugas Pokok memberikan pelayanan dan penelitian berkas pengajuan perijinan Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat.
  2. Untuk melaksanakan Tugas Pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Seksi Pelayan Perijinan Ekonomi dan Kesejahteraan rakyat mempunyai fungsi :
    1. menyiapkan rencana kegiatan Seksi  Pelayanan Perijinan Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan rakyat;
    2. menyusun laporan hasil kegiatan Seksi sebagai bahan penyusunan laporan pertanggung jawaban kinerja Bidang Pelayanan Perijinan Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan rakyat;
    3. melaksanakan pelayanan Perijinan Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan rakyat;
    4. melaksanakan pengelolaan pelayanan Perijinan Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan rakyat;
    5. menyusun daftar NPWRD Perijinan Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan rakyat;
    6. mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan;
    7. melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan;

N. Seksi Verifikasi dan Penetapan Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat

  1. Seksi Verifikasi dan Penetapan Perijinan Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat mempunyai Tugas Pokok melaksanakan verifikasi berkas pengajuan perijinan dan menetapkan retribusi daerah pelayanan perijinan.
  2. Untuk melaksanankan Tugas Pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Seksi Verifikasi dan Penetapan Perijinan Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat mempunyai fungsi:
    1. menyiapkan rencana kegiatan Seksi Verifikasi dan Penetapan Perijinan Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat;
    2. menyusun laporan hasil kegiatan Seksi sebagai bahan penyusunan laporan pertanggung jawaban kinerja Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat;
    3. melaksanakan verifikasi kelengkapan teknis dan administrasi pengajuan perijinan Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat;
    4. menetapkan SKRD, Surat pengantar NSR dan menyusun draft Surat Keputusan Perijinan Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat;
    5. mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan;
    6. melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

O. Bidang Pengawasan Pengendalian dan Pengaduan

  1. Bidang Pengawasan, Pengendalian dan Pengaduan mempunyai Tugas Pokok melaksanakan pengawasan, pengendalian dan pengaduan perijinan;
  2. Untuk melaksanankan Tugas Pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Bidang Pengawasan, Pengendalian dan Pengaduan mempunyai fungsi:
    1. melaksanakan pengumpulan data, informasi, permasalahan, kebijaksanaan teknis yang berhubungan dengan pengawasan, pengendalian dan pengaduan perijinan;
    2. melaksanakan perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, penanganan pengaduan dan evaluasi pelaporan kegiatan bidang;
    3. menyelenggarakan pengelolaan pengawasan, pengendalian dan penanganan pengaduan perijinan;
    4. menyelenggarakan upaya pemecahan masalah yang berkaitan dengan pengawasan, pengendalian dan pengaduan perijinan;
    5. melaksanakan koordinasi penyusunan laporan hasil pengawasan, pengendalian dan pengaduan perijinan;
    6. melaksanakan penanganan pengaduan perijinan;
    7. melaksanakan penertiban berupa pemanggilan, teguran, pemberhentian dan penyegelan;
    8. mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kinerja bawahan;
    9. melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan;

P. Seksi Pengawasan, Pengendalian Pada Bidang Pembangunan

  1. Seksi Pengawasan, Pengendalian dan Pengaduan Bidang Pembangunan mempunyai Tugas Pokok mengelola data, menginventarisir, melaksanakan pengawasan serta penanganan pengaduan  perijinan Bidang Pembangunan.
  2. Untuk melaksanankan Tugas Pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Seksi Pengawasan, Pengendalian dan Pengaduan Bidang Pembangunan mempunyai fungsi:
    1. melaksanakan perencanaan, pengumpulan data dan informasi permasalahan serta pemecahan permasalahan yang berkaitan dengan pengawasan lapangan;
    2. melakukan perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, pengevaluasian kegiatan seksi;
    3. mengumpulkan bahan kebijakan, bimbingan dan pembinaan serta petunjuk teknis sesuai bidang tugasnya;
    4. menyiapkan bahan-bahan untuk kegiatan evaluasi terhadap pelaksanaan pemberian pelayanan perijinan kepada masyarakat;
    5. melakukan kegiatan evaluasi secara periodik terhadap pelaksanaan pengawasan, pengendalian dan pengaduan Bidang Pembangunan kepada masyarakat;
    6. melaksanakan pengawasan dan pengendalian Bidang Pembangunan;
    7. membuat berita acara peninjauan lapangan perijinan Bidang Pembangunan;
    8. melaksanakan koordinasi dengan instansi/lembaga lainnya terkait seksi pengawasan dan pengendalian Bidang Pembangunan;
    9. menangani pengaduan perijinan Bidang Pembangunan;
    10. mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kinerja bawahan;
    11. melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan;
Q. Seksi Pengawasan, Pengendalian Pada Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat
  1. Seksi Pengawasan, Pengendalian dan Pengaduan Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat mempunyai Tugas Pokok mengelola data, menginventarisir, melaksanakan pengawasan serta penanganan pengaduan  perijinan Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat;
  2. Untuk melaksanankan Tugas Pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Seksi Pengawasan, Pengendalian dan Pengaduan Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat mempunyai fungsi:
    1. melaksanakan perencanaan, pengumpulan data dan informasi permasalahan serta pemecahan permasalahan yang berkaitan dengan pengawasan lapangan;
    2. melakukan perencanaan,  pelaksanaan, pengendalian, pengevaluasian kegiatan seksi;
    3. mengumpulkan bahan kebijakan, bimbingan dan pembinaan serta petunjuk teknis sesuai bidang tugasnya;
    4. menyiapkan bahan-bahan untuk kegiatan evaluasi terhadap pelaksanaan pemberian pelayanan perijinan kepada masyarakat;
    5. melakukan kegiatan evaluasi secara periodik terhadap pelaksanaan pengawasan, pengendalian dan pengaduan Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat kepada masyarakat;
    6. melaksanakan pengawasan dan pengendalian sistem pelayanan perijinan Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat;
    7. membuat berita acara peninjauan lapangan perijinan Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat;
    8. pelaksanaan koordinasi dengan instansi/lembaga lainnya terkait seksi pengawasan dan pengendalian Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat:
    9. menangani pengaduan perijinan Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat;
    10. mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan;
    11. melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.