24 Januari 2017
Breaking News

Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Utama

JAKARTA, WEB TANGSEL - Walikota Tangerang Selatan meraih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Utama tahun 2016 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Istana Wakil Presiden Jusuf Kalla pada Rabu, 21 Desember 2016.

 

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise kepada Walikota Airin Rachmi Diany yang disaksikan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Menteri Yohana Yembise mengatakan, pada tahun 2016 Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak memberikan  penghargaan APE kepada 12 Kementerian/Lembaga, 17 Pemerintah Provinsi dan 84 Pemerintah Kabupaten/Kota.

"Pemberian penghargaan ini diselenggarakan setiap 2 tahun sekali dan diberikan pada saat Peringatan Hari Ibu (PHI). Penghargaan tersebut terdiri dari 4 kategori, yakni Pratama, Madya, Utama dan Mentor. Pada tahun 2016 Kementerian PP dan PA menetapkan penerima penghargaan adalah 12 Kementerian/Lembaga, 17 Pemerintahan Provinsi, dan 84 Pemerintahan Kabupaten/Kota. Salah satunya Kota Tangerang Selatan," ungkapnya.

Yohana mengucapkan selamat kepada seluruh peraih penghargaan APE. Semoga penerimaan ini menjadi momentum kebangkitan K/L dan Pemda untuk berinovasi, bekerja lebih keras, cerdas, dan massif sehingga mampu mewujudkan Indonesia yang layak bagi perempuan dan anak di masa mendatang. Semoga semangat ini dapat menginspirasi Kementerian/Lembaga dan Pemda lain yang belum menerima.

Pemberian APE ini dilakukan untuk memberikan apresiasi dan penghargaan atas semangat dan antusiasme Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam bekerja sama, berkolaborasi, dan saling bahu-menbahu mengemban mandat Negara untuk menjadikan perempuan dan anak Indonesia berada pada garis aman,mandiri, bermartabat, dan berkualitas.

APE yang telah diberikan menjadi wahana untuk mengevaluasi dan mengukur kemajuan pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP-PA) di Indonesia. APE memberikan gambaran nyata apa yang telah dilakukan di tingkat nasional dan daerah. Pemberian APE juga menunjukan bahwa strategi Pengarusutamaan Gender (PUG) dan Pengarusutamaan Hak Anak (PUHA) dapat diimplementasikan di masyarakat.

Kebijakan dan peraturan terkait PP dan PA telah banyak dikeluarkan, namun upaya mewujudkan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, perlindungan dan pemenuhan hak anak harus dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat. Tidak hanya aparat publik/pemerintahan, tetapi juga masyarakat, dunia usaha, dan media massa.

Kementerian PP-PA sebagai leading sector untuk isu perempuan dan anak harus bekerja keras mewujudkan visi dan misi, merancang strategi dan menggerakan semangat semua pihak dari pusat sampai ke daerah, dan bahkan sampai ke pelosok Nusantara.

Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany kembali kedua kali menerima penghargaan berskala nasional, yakni Anugerah Parahita Ekapraya 2016 kategori Utama setelah sebelumnya menerima penghargaan yang sama di tahun 2014 pada kategori madya.

Penghargaan diberikan atas penilaian komitmen dan mengimplementasikan kesetaraan gender dan pemenuhan hak-hak perempuan dan anak di berbagai sektor pembangunan.

“Penghargaan APE diberikan atas dukungan kesetaraan gender dan pemenuhan hak anak. Pemberian penghargaan ini diharapkan dapat memotivasi pelaksana program pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di pusat dan daerah. Sehingga mereka terdorong untuk meningkatkan program-program pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak,” ucapnya.

Lanjutnya penghargaan APE diberikan kepada Pemkot Tangsel atas dasar penilaian tim independen kementerian. “Penilaiannya meliputi implementasi strategi pengarusutamaan gender, pencapaian dan inovasi dalam perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, serta upaya untuk memenuhi hak anak,” tandasnya. (Bpti-ts2)

SUMBER